Jelajah

Pencurian Kotak Amal di Masjid Hidayatullah Bancar, Bungkal,Kerugian 100 Ribu Rupah

Senin 22 Juli 2024 sekitar pukul 06.30 WIB, Warga Desa Bancar dikejutkan dengan kabar pencurian kotak amal di Masjid Hidayatullah, Dukuh Bancar, Bungkal. Kejadian ini diketahui oleh warga saat mereka melihat kotak amal yang biasanya berada di serambi masjid telah berpindah tempat dan dalam keadaan terbongkar. Nuryanto KAUR Pemerintahan Desa Bancar, Bungkal, memberikan keterangan terkait insiden ini.

Menurut Nuryanto, pencurian ini merupakan kali pertama terjadi di Masjid Hidayatullah. Ada dua kotak amal di masjid tersebut, satu berada di dalam dan satu lagi di serambi masjid. Kotak amal yang dicuri adalah yang berada di serambi. Diperkirakan kehilangannya sekitar jam 2 pagi, namun baru diketahui sekitar pukul setengah 7 pagi.

Beruntung uang yang ada di dalam kotak amal tidak banyak karena sebagian besar sudah diambil pada Jumat, 19 Juli. Perkiraan uang yang diambil oleh pencuri kota amal sekitar seratus ribuan.

Setelah kejadian ini pemerintah desa mengimbau kepada warga agar lebih waspada terhadap orang-orang yang mencurigakan dan meningkatkan keamanan lingkungan. Sayangnya masjid ini tidak dilengkapi dengan CCTV sehingga menyulitkan proses identifikasi pelaku pencurian.

Nuryanto juga berharap kejadian ini menjadi pembelajaran bagi semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan dan keamanan di tempat-tempat ibadah serta lingkungan sekitar.