HeadlineJelajah

PPDB Tidak Dapat Murid Sama Sekali, SDN Setono Jenangan Ponorogo Tidak Memiliki Siswa Kelas Satu

Tahun ajaran baru 2024/2025, SD Negeri Setono Ponorogo tanpa siswa kelas 1. Sekolah yang ada di Jalan Niken Gandini, Kecamatan Jenangan itu, tidak mendapat murid sama sekali saat penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ini.

Suhadi, Plt Kepala SDN Setono, Jenangan, mengakui belum mendapat siswa sama sekali dalam PPDB tahun ini. Padahal, pihaknya sudah berupaya untuk mencari murid, misalnya mendatangi rumah ke rumah calon peserta didik namun tidak berhasil.

“Penyebab tidak memperoleh siswa di SDN Setono diperkirakan karena angka kelahiran menurun sehingga peserta didik TK pun turun, Selain itu, kalau ada pun siswa TK mendaftar di sekolah lain.” terangnya.

Pihaknya tidak bisa memaksa agar siswa mendaftar ke SDN Setono, pasalnya banyak sekolah pilihan di sekitar SDN Setono. Untuk memperoleh siswa, pihaknya masih membuka pendaftaran hingga dua minggu ke depan.

Sementara itu, salah satu guru SDN Setono, Aprilia Fitriani, mengatakan tahun lalu pun hanya memperoleh dua siswa yang sekarang sudah naik kelas. Menurutnya, total siswa hingga kelas 6 adalah 20 siswa.

Saat PPDB pun pihaknya juga sudah mengiming-imingi calon peserta didik baru dengan memberikan seragam baru gratis.(yd/rl/ab)