JelajahPolitik

Hampir Rampung, Kegiatan Coklit Pantarlih, KPU Klaim Tak Temukan Kendala Berarti

Batas terakhir kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) masih satu pekan lagi, namun sudah hampir rampung. Petugas panitia pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) mampu menyelesaikan tugasnya hingga 97 persen.

Gaguk Ika Prayitna, Ketua KPU Kabupaten Ponorogo mengatakan kegiatan Coklit sudah dimulai 24 Juni lalu dan akan berakhir 24 Juli nanti.

Dalam waktu 3 minggu, petugas panitia pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) sudah melakukan coklit terhadap 748.032 atau 97 persen dari data pemilih penduduk potensial pemilu (DP4) sebanyak 771.168 orang, sehingga kurang 3 persen lagi akan selesai.

Gaguk bilang, meskipun dalam Coklit ada data ganda, namun masih relatif sedikit. Jumlah Pantarlih, yakni 2.909, melakukan kegiatan Coklit di wilayah tersebut yang tersebar di 1.516 tempat pemungutan suara (TPS) di Ponorogo untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, Gaguk menyebutkan bahwa dalam melakukan Coklit, petugas Pantarlih tidak menemukan kendala yang berarti. (yd/rl/ab)