HeadlineJelajah

Truk Bermuatan Porang Terguling di Bedoho Sooko, Sopir Selamat

Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Raya Sooko – Trenggalek, Senin, 8 Juli 2024. Truk bermuatan porang dengan nomor polisi AD 8556 E mengalami kegagalan menanjak di tanjakan Jemblung dukuh Puru, Desa Bedoho, Kecamatan Sooko. Truk tersebut kemudian mundur hingga terguling dan menabrak tebing di sebelah jalan.

Menurut keterangan Kapolsek Soko, Iptu Muhammad Isa Latif, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 07.45 WIB. “Truk bermuatan porang ini tidak mampu menaiki tanjakan dan akhirnya berjalan mundur hingga terguling ke tebing yang bersebelahan dengan jurang,” ujarnya.

Pengemudi truk, Budi Setyo, 31 tahun. warga Dusun Gondang RT 01 RW 03, Desa Legok Kulon, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi, mengalami luka ringan. Dikatakan, Truk tersebut memuat porang yang hendak dibawa ke Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek.

Akibat kecelakaan ini, muatan porang berceceran di jalan dan mengalami kerugian materiil sekitar Rp 1. 5 juta. Diduga Pengemudi tersebut belum tahu situasi jalan, selain itu juga faktor kelebihan muatan, apalagi  truk yang dipakai memang sudah tua. 

Semantara Saksi mata Amanto, yang berada di lokasi kejadian, menjelaskan bahwa sebelum truk terguling, kendaraan tersebut sudah menunjukkan tanda-tanda kesulitan menaiki tanjakan. “Truk itu bergerak mundur dan akhirnya menabrak tebing di samping jalan. Kami bersama warga sekitar langsung turun tangan untuk membantu evakuasi truk dan membersihkan muatan porang yang berserakan di jalan,” kata Amanto.