Jelajah

Ribuan Orang Padati Alun-Alun Nikmati Gemerlap Pembukaan Grebeg Suro 2024

Ribuan orang memadati alun-alun Ponorogo dalam pembukaan event akbar Grebeg Suro 2024 yang resmi dibuka oleh Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dan Wakil Bupati Lisdyarita pada Kamis (27/6) malam.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengungkapkan bahwa Grebeg Suro merupakan serangkaian orkestra yang mengalirkan cita rasa, keringat masa kini, dan harapan masa depan, diracik menjadi sebuah keindahan bernama Grebeg Suro.

“Setidaknya ada 33 agenda kegiatan yang bakal disajikan mulai 18 Juni hingga 28 Juli 2024 nanti. Salah satu kegiatan yang sangat dinantikan adalah Festival Nasional Reog Ponorogo (FNRP) ke-29 yang memperebutkan piala presiden,” ujar Kang Giri, sapaan akrab Bupati.

Kang Giri juga menyampaikan, saat ini Reog sudah masuk dalam daftar Intangible Cultural Heritage (ICH) UNESCO. Dengan demikian, hampir bisa dipastikan Reog akan disidangkan pada akhir 2024 mendatang. Ke depan, kami berharap Grebeg Suro bukan sekadar event tahunan, namun juga sebagai upaya menaikkan kelas Kabupaten Ponorogo menjadi kabupaten wisata dengan pertumbuhan ekonomi yang signifikan.

Sebagai informasi, event Grebeg Suro menyajikan berbagai macam kegiatan kebudayaan mulai dari hobi hingga olahraga untuk memeriahkan acara yang sudah masuk dalam Kalender Event Nusantara (KEN) tersebut. Grebeg Suro tahun ini diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan dan memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal.