Jelajah

Bus Mulai Diminati, Jumlah Penumpang Terminal Seloaji Meningkat 3 Kali Lipat

Moda transportasi angkutan umum ternyata masih cukup diminati warga untuk bepergian ke luar kota, terutama pada momen long weekend. Bukti nyata terlihat dari peningkatan jumlah penumpang di Terminal Seloaji Ponorogo yang selalu meningkat hingga tiga kali lipat baik kedatangan maupun keberangkatan pada libur panjang Idul Adha ini.

Purwanto, Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Type A Selo Aji Ponorogo, mengungkapkan bahwa pada hari normal, terminal ini melayani sekitar 1.000 orang. Namun, sejak libur panjang Idul Adha, jumlah penumpang meningkat menjadi lebih dari 3.000 orang. Kenaikan ini terjadi baik pada angkutan antar kota antar provinsi (AKAP) maupun antar kota dalam provinsi (AKDP).

“Kenaikan jumlah penumpang ini disebabkan banyaknya pengusaha otobus (PO) yang memberikan layanan maksimal kepada penumpangnya,” jelas Purwanto.

Menurutnya, banyak armada bus yang memiliki kondisi mesin dan tampilan yang bagus karena persaingan ketat antar PO, ditambah lagi dengan adanya jalur tol yang mempermudah perjalanan

Dengan meningkatnya layanan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh bus-bus ini, banyak warga akhirnya memilih bepergian menggunakan bus daripada mobil pribadi. Meski jumlah penumpang meningkat drastis, pihak terminal tidak perlu mengeluarkan bus cadangan karena penumpang sudah dapat teratasi dengan bus yang ada di Terminal Seloaji.