Jelajah

Idul Adha, PDA Gelar Bakti Sosial di Daerah Pinggiran Dari Green Qurban dan Pengobatan Gratis

Perayaan Idul Adha tahun ini,  Pimpinan Daerah Asyiyah – PDA Ponorogo menggelar bakti sosial di daerah-daerah pinggiran. Ada beberapa titik yang dilakukan baksos seperti Jambon, Sampung, Badegan , Ngebel hingga Sawoo.

Sri Hidayah, Sekretaris PDA Ponorogo, menjelaskan bahwa titik-titik tersebut dipilih setelah dilakukan survei terlebih dahulu. “Bakti sosial meliputi penyembelihan hewan kurban, pengajian, penghijauan, hingga pengobatan gratis,” ungkapnya.

Di Sampung, selain dilakukan penyembelihan hewan kurban, PDA Ponorogo juga berencana mendirikan Surya Mart Aisyiyah dengan peluncuran yang dijadwalkan pada 1 Muharam nanti. “Pimpinan Daerah Aisyiyah akan menyembelih satu ekor lembu di masing-masing tempat tersebut dan mengkampanyekan ‘green kurban’,” tambah Sri Hidayah.

Sebagai bagian dari kampanye ‘green kurban’, PDA Ponorogo menyediakan wadah berupa besek yang dialasi dengan daun jati maupun daun pisang untuk menggantikan penggunaan kantong plastik. Langkah ini diambil untuk mendukung gerakan ramah lingkungan.

PDA Ponorogo juga bekerja sama dengan beberapa badan usaha milik Muhammadiyah seperti RSU Aisyiyah dan Surya Mart Ponorogo dalam pelaksanaan kegiatan ini. “Kerja sama ini bertujuan untuk memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat dan memastikan keberlangsungan program-program sosial yang kami jalankan,” kata Sri Hidayah.

Dengan adanya kegiatan bhakti sosial ini, diharapkan dapat membantu masyarakat di daerah pinggiran dan menumbuhkan semangat kebersamaan serta kepedulian sosial di kalangan warga Ponorogo.