Jelajah

Program RendangMu, LazisMu Ponorogo Berhasil Kumpulkan Ratusan Juta

Program RendangMu yang dicanangkan LazisMu setiap Idul Adha semakin diminati oleh masyarakat yang ingin berkurban. Tahun ini, dana yang terkumpul untuk membeli hewan kurban mengalami peningkatan hampir 90 persen dibandingkan tahun lalu. Jika tahun lalu LazizMu mengumpulkan Rp 67 juta, tahun ini jumlah tersebut meningkat menjadi Rp 107 juta, yang cukup untuk membeli lima sapi dan satu kambing.

Wahid Khoirur Rohman, Manager Fundrising LazisMu Ponorogo, mengungkapkan bahwa program RendangMu ini merupakan inovasi yang membagikan daging kurban dalam bentuk rendang yang akan dikirim ke masyarakat yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan hingga ke luar negeri sebagai bentuk peduli ketahanan pangan. termasuk ke Palestina. Dana yang terkumpul tersebut akan ditransfer ke pengurus wilayah untuk dibelikan hewan kurban. Setelah disembelih, daging kurban akan diolah menjadi rendang sebelum dikirimkan.

“Kami melihat antusiasme masyarakat yang semakin tinggi terhadap program ini. Selain memberikan manfaat lebih bagi yang membutuhkan, program ini juga memberikan nilai tambah dengan mengolah daging kurban menjadi rendang yang lebih tahan lama dan mudah dikirimkan,” ujar Wahid.

Selain program RendangMu, Lazizmu Ponorogo juga menerima hewan kurban yang disembelih di kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) untuk dibagikan ke masyarakat sekitar yang membutuhkan. Hingga saat ini, Lazizmu telah menerima satu sapi dan dua kambing dari masyarakat.

Sementara, hingga Ahad (16/6) malam, masjid atau mushola di bawah naungan PDM Ponorogo telah mengumpulkan hewan kurban sejumlah 616 sapi dan 1038 kambing.