Jelajah

Sapi Bobot 1 Ton Lebih Milik Danang, Warga Pulung, Dibeli SBY Untuk Kurban

Dua sapi masing-masing berukuran lebih dari 1 ton milik Danang Saputra, warga Desa Wagir Kidul, Kecamatan Pulung, dibeli oleh Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk perayaan Idul Adha tahun ini. Danang Saputra, pemilik sapi, mengatakan bahwa sapi-sapi yang dibeli SBY berjenis Limosin Cross dan Limosin dengan bobot masing-masing 1,035 ton dan 1,05 ton.

Dua sapi yang diberi nama Werkudara dan Antasena tersebut dihargai sebesar Rp 100 juta oleh SBY. Rencananya, sapi-sapi ini akan diambil dan dibawa ke Pacitan pada hari Sabtu untuk proses penyembelihan.

Danang mengaku awalnya kaget saat ajudan SBY meneleponnya dan membeli sapi yang ia rawat selama empat tahun terakhir tersebut.

“Tidak ada kiat khusus untuk menambah bobot sapi-sapi ini, saya hanya memberi makan konsentrat dan dedaunan hijau dua kali sehari,” ungkap Danang.

Selain dua sapi yang sudah laku terjual, Danang juga menyiapkan sejumlah sapi lainnya untuk perayaan kurban tahun ini, dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp 18 juta hingga puluhan juta rupiah per ekornya.