Jelajah

Ratusan Ambulans Desa Jalani Pemeriksaan Di Dinas Kesehatan

Ratusan ambulans Desa terparkir rapi di halaman kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo mulai Senin (27/05), Satu persatu, kendaraan kegawatdaruratan itu diperiksa petugas mulai dari kondisi ban, pengereman, alat kesehatan hingga surat surat kendaraan, hal itu dilakukan  guna memastikan kendaraan dalam kondisi layak jalan dan aman membawa penumpang.

Mietha Ferdiana Putri Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Ponorogo pada Kamis (30/05) mengatakan, pemeriksaan kendaraan dilakukan rutin setiap tahun, dimana sebanyak 150 kendaraan ambulans Desa diperiksa dan dibagi dalam lima hari hingga Jum’at (31/05) esok, dengan Sedikitnya 90 kendaraan telah dicek selama tiga hari terakhir.

Hasilnya, sejumlah temuan diperoleh Seperti sejumlah alat kesehatan yang tidak terpasang semestinya dan tabung oksigen yang tidak penuh 100 persen. Meski kesalahan kecil, namun seluruh kekurangan tersebut wajib langsung dibenahi setiap Desa sebagai antisipasi ambulans dibutuhkan dalam kondisi darurat.

Selain fisik kendaraan, driver, petugas kesehatan Desa, Dinkes setempat turut mengedukasi pendamping ambulan Desa, memastikan mereka paham terhadap kondisi darurat serta pertolongan. Minimal sedia dan sigap mengoperasikan kendaraan saat mengantar pasien darurat.