Jelajah

Jual Beras SPHP di atas HET, Bulog Siap Blacklist Mitra Nakal

Perum Bulog Ponorogo tak segan-segan blacklist mitra penyalur beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) yang menjual di atas Harga Eceran Tertinggi (HET). Bulog akan memutus kerjasama penyaluran beras setidaknya selama satu tahun dan akan ada evaluasi tahun berikutnya jika mitra nakal tersebut mengajukan.

“Kami dari Bulog senantiasa mengedukasi toko atau pun mitra kami, penekannya adalah terkait dengan penjualan beras SPHP salah satunya adalah mereka harus menjual sesuai dengan ketentuan yaitu maksimal HET, kalau di bawah itu boleh, yang di atas itu tidak boleh,” kata Budiawan, Pimpinan Perum Bulog Cabang Ponorogo 

Budiawan mengatakan sesuai dengan penugasan, beras SPHP dilepas dengan HET Rp12.500 per kilogram. Mitra bisa menjual dengan harga di bawahnya namun tidak boleh melebihi HET. Jika ada yang melanggar, maka dilakukan pemutusan hubungan kerja sama.

Pihaknya berharap masyarakat turut berpartisipasi melakukan pengawasan terhadap penjualan beras SPHP di pasaran. Jika ditemukan pelanggaran, pihaknya mengimbau masyarakat segera melaporkan. Sejauh ini, belum ada pedagang mitra Bulog yang melakukan pelanggaran. (rl/ab)