Perubahan Arus One Way Jilid 2, Bupati Akomodir Keinginan Masyarakat

Gagasan pelaksanaan perubahan arah lalu lintas (lalin) pada uji coba one way jilid 2 terungkap. Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengungkapkan bahwa perubahan rute tersebut muncul sebagai respons atas banyaknya kritik dan masukan dari masyarakat terkait pemberlakuan uji coba tahap pertama. Pasalnya, dirasa kurang tepat jalan yang dipilih, sehingga akhirnya muncul kebutuhan untuk melakukan perubahan.


Kang Giri, sapaan akrab Bupati, mengakui bahwa uji coba tahap pertama mendapat banyak kritikan, seperti kebingungan akan arah jalan dan kesulitan dalam menyeberang. Bahkan, banyak yang menekankan perlunya perubahan pada ruas lalu lintas seperti yang diterapkan dalam uji coba tahap dua kali ini, yaitu Jalan HOS Cokroaminoto ke selatan, Gajah Mada ke timur, Sultan Agung ke utara, serta Ahmad Dahlan ke barat.

Menurutnya, uji coba tahap dua ini telah melalui kajian dari Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ). Mereka berpendapat bahwa pemberlakuan uji coba tahap baru ini akan membantu mengevaluasi kekurangan tahap pertama, mulai dari skema arus hingga masalah kepadatan.

Bupati juga mengklaim bahwa perputaran ekonomi pasca pemberlakuan satu arah terlihat nyata di Jalan HOS, Jenderal Sudirman, serta Urip Sumoharjo. Sejak dibangun dua tahun terakhir, pedagang kecil hingga Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tumbuh subur di sepanjang jalan tersebut.