PT. BES Mulai Bekerja 1 April, Akan Kurangi Sampah TPA 5 Ton Sehari

Keinginan Pemkab untuk segera mengurangi tumpukan sampah di TPA Mrican awal tahun ini tertunda. Ini terjadi setelah PT. BES, yang ditunjuk untuk mengatasi permasalahan sampah TPA, baru bisa menjalankan tugasnya mulai 1 April nanti. 


Menurut Abri Susilo, Kepala UPT Pengolahan Sampah TPA Mrican, sebenarnya proses pembangunan hanggar bakal pemilahan sampah di TPA Mrican sudah selesai dikerjakan.

Hanya saja, mesin bakal alat pemilah itu tak kunjung tiba di Ponorogo. Hasil koordinasi, perusahaan pihak ketiga tersebut berencana mulai menata dan mengoperasikan penyortiran dan daur ulang sampah pada 1 April mendatang, sesuai dengan yang tertuang dalam kontrak.

Nantinya, pihak ketiga tersebut akan memilah setiap sampah basah yang masuk ke TPA Mrican setiap harinya, dengan total hingga 70 ton dalam sehari. Setiap hari mereka berkewajiban mengurangi 5 ton gunungan sampah lama di TPA. Sampah yang telah dipilah-pilah selanjutnya akan diolah kembali oleh perusahaan tersebut.

Jika alat tersebut sudah beroperasi, ini juga akan membuka lapangan kerja mulai dari petugas jaga hingga karyawan pemilah sampah, yang dibutuhkan antara 34-55 pekerja, semuanya akan diambil dari warga lingkungan sekitar. (yd/rl/ab)