Jelajah

Kebakaran Lahan Pekarangan di Jalan Menur, Berawal dari Bakar Sampah

Kebakaran lahan pekarangan di Jalan Menur Ronowijayan Siman, sempat membuat panik warga setempat. Kobaran api yang semakin besar dan sulit dikendalikan nyaris merembet rumah Widodo, pemilik pekarangan. Selasa (10/10) pagi.

Kepada gema surya, Widodo mengatakan, maksud hati ingin membersihkan sampah sisa tebangan kayu, tapi api merembet dan membesar menghanguskan seluruh lahan. Amukan jago merah itu juga nyaris menyambar dua rumah milik tetangganya.

Dirinya sengaja membakar sisa tebangan pohon, karena ingin cepat bersih karena mau ditanam pohon pisang. Merasa tak bisa mengendalikan lagi akhirnya dirinya memanggil Damkar.
Sementara itu, Bambang Supeno Kabid Damkar dan Penyelamatan Satpol PP Kabupaten Ponorogo, mengatakan bahwa pihaknya mendapat laporan kebakaran tersebut sekitar pukul 10.15 WIB dan langsung menerjunkan dua unit mobil Damkar.

Saat di lokasi kondisi api sudah membesar. Lokasi lahan kebakaran berada didalam sebuah gang, dimana di dalamnya padat rumah penduduk serta berdekatan dengan komplek perumahan. Beruntung api berhasil dipadamkan sekitar pukul 10.45 WIB sehingga tidak merembet kebangunan rumah.

Bambang menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas yang berpotensi menimbulkan kebakaran. Apalagi saat ini sedang musim kemarau sehingga banyak benda yang mudah terbakar.