Jelajah

Gara-gara Bakar Sampah, Rumah Warga Grogol Ikut Terbakar Kerugian Puluhan Juta

Kebakaran kembali terjadi di Ponorogo, kali ini sebuah rumah yang berada di RT 01/RW 01 Dukuh/Desa Grogol Kecamatan Sawoo, milik Subandi nyaris ludes terbakar. Peristiwa kebakaran tersebut terjadi Senin (18/9) siang, api diduga berasal sisa sampah yang terbakar.

Anang Adi Kartika petugas Damkar mengatakan, kebakaran tersebut bermula ketika Subandi sedang membakar sampah di bagian belakang rumahnya. Belum padam apinya namun pemilik pergi untuk keluar rumah.

Kondisi angin yang cukup kencang membuat api dari sisa pembakaran sampah tersebut kembali membesar dan merembet ke kandang ayam yang terbuat dari bambu.

Api yang sudah membesar akhirnya menyambar rumah milik Subandi yang letaknya berdempetan dengan kandang ayam. Menurutnya kondisi angin yang kencang ditambah rumah milik Subandi yang mayoritas terbuat dari kayu tersebut membuat api cepat membesar.

Api cepat merembet ke rumah korban hingga bagian ruang depan. Selain itu kata Anang, dapur milik anaknya yang berbeda bangunan juga ikut terbakar. 

Petugas yang mendapat laporan kebakaran tersebut langsung meluncur ke TKP dengan mengerahkan dua unit mobil damkar. Api baru bisa dipadamkan sekitar 20 menit dengan dibantu relawan serta warga setempat. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut, kerugian diperkirakan mencapai Rp70 juta.

Sementara itu AKP Joko Suseno Kapolsek Sawoo mengatakan, penyebab kebakaran berasal dari pembakaran sampah yang merembet ke kandang ke kandang ayam lalu ke dapur lalu menjalar ke rumah.

Menurutnya sementara waktu, pemilik rumah akan tinggal dirumah anaknya yang bersebelahan. Warga setempat pun akan melakukan kerja bakti untuk membersihkan sisa-sisa kebakaran yang direncanakan Selasa (19/9). (yd/rl/ab)