Jelajah

Peduli Kalangan Disabilitas Pemkab Beri Alat Bantu

Para penyandang disabilitas di Ponorogo mendapatkan perhatian lebih dari Pemkab. Setidaknya mereka mendapatkan bantuan alat bantu dari kursi roda, tongkat, alat bantu dengar, kaki palsu, dan masih banyak lagi. Seperti disampaikan Kepala Dinas Sosial P3A, Supriyadi.

“Kebetulan hari ini programnya untuk disabilitas, yang disabilitas ini ada alat bantu ada 48 kursi roda, ada alat bantu dengar, ada tongkat adaptif. Dan ini masih terbuka untuk saudara-saudara yang menyandang disabilitas, monggo nanti bisa menghubungi Dinas Sosial,” lanjutnya. 

Warga bisa datang ke kantor Dinas Sosial ataupun ke kantor kecamatan yang memiliki data terpadu kesejahteraan sosial (DTSK). Pengajuan yang masuk nantinya akan diasesmen tapi tetap akan direalisasikan sesuai kebutuhan masing-masing.

Pemberian alat bantu bagi penyandang disabilitas ini, sasarannya umum namun diprioritaskan bagi keluarga tak mampu. Sementara untuk mereka yang mengalami disabilitas mental, biasanya diberikan bantuan pelatihan keterampilan agar bisa mandiri. (rl/ab)