Jumat Bersih, Seluruh OPD di Ponorogo Kerja Bakti Bersihkan Sampah Bekas Grebeg Suro

Di balik meriahnya Event Grebeg Suro, menyisakan tumpukan sampah di beberapa titik. Oleh karena itu Dinas Lingkungan Hidup di bawah Instruksi bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menggalakan gerakan Jumat Bersih dengan melibatkan seluruh OPD di Ponorogo, Jumat 21 Juli 2023.


Gulang Winarno Kepala DLH Ponorogo menjelaskan, masalah sampah ini memang memerlukan kesadaran dari semua warga. Untuk menggugah nya, pagi ini semua karyawannya turun ke jalan memungut sampah pasca gelaran grebeg suro. Ada sejumlah titik yang disisir diantaranya Aloon-Aloon, Jl Hos Cokro, Jendral Sudirman dan sekitar pasar legi. Selain memungut sampah, semak-semak belukar yang mengganggu keindahan di seputaran kota juga turut dicabut dan dirapikan.

Dari kerja bakti jumat bersih ini, lanjut Gulang berhasil mengumpulkan 3 dump truck sampah dan bisa jadi akan terus bertambah karena masih ada beberapa yang belum terangkut. Pasca giat bersih tersebut, terpantau setiap sudut di wilayah perkotaan terlihat bersih dan rapi.

“Jika sudah semuanya, bisa jadi dari 3 dump truck akan bertambah menjadi 6 dump truck sampah yang dihasilkan”, kata Gulang.

Sekedar informasi, giat jumat bersih ini juga diinstruksikan kepada seluruh warga di masing-masing Desa dan Kelurahan.