Jelajah

Disnaker Siap Upayakan PMI Asal Paju yang Sakit di Taiwan Pulang, Tapi Menunggu Kondisi Kesehatan Membaik

Dinas tenaga kerja dan transmigrasi – Disnakertrans Ponorogo terus mengupayakan agar Wiji Lestari, PMI asal kelurahan Paju yang saat ini dirawat di Rumah sakit Taiwan, bisa dibawa pulang ke Indonesia.

Kabid pemberdayaan tenaga kerja dan transmigrasi Disnakertrans, Joko Setyawan mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan KBRI yang ada di Taiwan, Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia dan juga agency.

Hanya saja memang sulit selama dokter di Rumah sakit yang menanganinya  tidak memberikan rekomendasi. Selama tidak ada rekomendasi berupa surat sehat pihak maskapai penerbangan tidak akan berani.

Yang dilakukan saat ini masih menunggu sembari berdoa agar PMI berusia 43 tahun tersebut bisa segera pulih kembali. Kalau informasi yang diterima, kondisi terakhir, masih lemah karena kanker yang dideritanya sudah memasuki stadium 4. 

Pihak keluarga didampingi pihak kelurahan sebenarnya sudah datang ke kantor Disnaker minta agar bisa dipulangkan apapun kondisinya. Dijelaskan Wiji Lestari berangkat secara prosedural tahun 2016 lalu ke Taiwan sebagai asisten rumah tangga.

Hanya saja selama di sana  dirinya memperpanjang kontraknya sendiri. Kendati begitu pihak majikan bertanggung jawab hingga siap memulangkan ke tanah air. Tapi kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan, pihak maskapai menolak menerbangkan jika tidak ada rekomendasi sehat dari dokter.