Unik, Rumah Makan Bariklanaa Ponorogo, Makan Sepuasnya Bayar Seikhlasnya

Ada rumah makan unik di Jl. Noroyono Brotonegaran Ponorogo, jika umumnya setelah makan, pembeli wajib membayar sesuai yang dipesan, namun di rumah makan tersebut pembeli bisa bayar seikhlasnya, bahkan jika tidak punya uang, diperbolehkan tidak membayar alias gratis. Septa salah satu pengelola Rumah makan Bariklanaa kepada gema surya mengatakan, konsep yang diusung komunitasnya adalah makan sepuasnya, bayar seikhlasnya, semua boleh makan, semua boleh bersedekah.


Tidak heran jika sejak dibuka 4 bulan terakhir, banyak yang datang, baik dari kalangan mahasiswa pelajar, pemulung, ojek online, hingga kalangan abang becak. Ada yang membayar berlebih karena punya niat bersedekah, ada juga yang ingin makan lantaran tak punya uang sama sekali. Dari yang membayar makanan berlebih itu tadi, uang diputar untuk berbelanja dan memasak makanan bagi mereka yang kekurangan. Latar belakang dibukanya rumah makan Bariklanaa lantaran kasihan dengan warga tak mampu tak bisa menikmati makan enak. 

Septa menambahkan, meski cuma memberikan uang seikhlasnya, namun  menu makanan di tempatnya cukup enak dan memberikan lauk yang bergizi. Bahkan setiap hari menu makan selalu berganti ganti, Sebenarnya Selama ini sudah ada rumah makan dengan konsep nyaris sama, tapi hanya digelar pada hari hari tertentu saja. Meski baru berjalan empat bulan, namun dalam sehari bisa menghabiskan beras antara 5 sampai 7 kilogram, sementara untuk jam bukanya, mulai jam 8 pagi hingga jam 4 sore.