Jelajah

2 Kasus Kebakaran di Awal Tahun, Penyebabnya Karena Korsleting Listrik

Awal tahun 2023, diwarnai dua kasus kebakaran yang terjadi di wilayah hukum Polres Ponorogo. Musibah pertama di jalan pacar Tonatan melanda rumah bu Subroto, dan kedua rumah Arianto di jalan Tangkuban Perahu Nologaten.

AKP Haryo Kusbintoro, Kapolsek Kota mengatakan, hasil olah TKP keduanya kebakaran itu karena korsleting listrik. Para korban mengaku jika pemasangan instalasi listrik semrawut dan waktunya diganti. 

Untuk itu, kasus tersebut diminta menjadi pelajaran bagi warga lainnya untuk mengecek  instalasi listrik di rumahnya apalagi jika rumah dalam keadaan kosong ditinggal bepergian. Seperti kasus kebakaran di Jalan Tangkuban Perahu, kebakaran terjadi saat pemilik rumah asyik ngopi di warung.

Justru tetangga yang mengetahui ada asap yang membumbung dari rumah korban dan akhirnya memberitahu pemiliknya. Saat itu juga warga yang mengetahui ikut membantu memadamkan kobaran si jago merah hingga akhirnya bisa dilokalisir.

Kerugian ditaksir mencapai Rp 15 juta karena sejumlah perabot rumah ikut ludes terbakar. Sementara untuk yang di Tonatan, kerugian lebih besar lagi yakni ratusan juta rupiah lantaran meluluh lantahkan seluruh bangunan.