HeadlineJelajah

Normalisasi Aliran Kali Gendol Dan Keyang Wewenang BBWS

Pendangkalan ekstrem disinyalir terjadi sepanjangan aliran Kali Gendol dan Keyang .  Utamanya di cekungan atau tikungan aliran sungai mulai Sawoo, Sambit, Mlarak, dan Jetis .  Sedimentasi yang tinggi di sepanjang titik tersebut menjadi penyebab utama banjir luapan sungai di Jabung, Mlarak dan sekitarnya .

Jamus Kunto Purnomo Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Ponorogo mengatakan telah melakukan pemetaan adanya pendangkalan Kali Gendol dan Keyang .  Upaya normalisasi terbentur status kewenangan. Sebab kewenangan kedua aliran sungai itu menjadi milik Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo .

Lanjut jamus, pihaknya telah berkoordinasi dengan BBWS terkait upaya normalisasi .  OPDnya pun telah menyampaikan titik-titik rawan pendangkalan yang menjadi penyebab banjir luapan sungai .  Jamus berharap pendangkalan sungai yang terjadi dapat segera diatasi .

Jamus menambahkan, beberapa titik lain pendangkalan sungai telah teratasi .  Saat ini BBWS tengah mengerjakan pekerjaan normalisasi, perbaikan tanggul jebol, dan pemasangan bronjong di sejumlah titik . Seperti di Desa Kemuning, Sambit serta Kali Paju .