Jelajah

Beredar Video Pondok Gontor Terendam Banjir, Hoax

Beredar Sebuah video banjir di depan Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor viral, Selasa 18 Oktober 2022. Dalam video berdurasi 14 detik itu beredar di status WhatsApp di kota reyog. Dari video tersebut terlihat beberapa santri Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor sedang bermain air. 

Dalam video, banjir menerjang Ponpes Modern Darussalam Gontor setinggi lutut orang dewasa. Agung Prihandoko, kepala desa Gontor Mlarak mengatakan video yang beredar tersebut tersebut, hoax.

Menurutnya, bahwa video beredar itu terjadi pada tahun 2007 lalu. Saat itu, memang terjadi banjir di Ponpes Modern Darussalam Gontor. Nyatanya kata Agung, saat ini yang terjadi tidak seperti video yang beredar. Di depan masjid Ponpes Modern Darussalam Gontor yang viral itu tidak ada luapan air.

Hal yang sama juga dikatakan Iptu Rosyid Effendy, Kapolsek Mlarak. Dikatakan, jika video tersebut hoax. Pihaknya bersama tim telah ke lokasi dan mengecek kebenarannya ternyata tidak ada banjir . Menurutnya yang beredar sekarang adalah video banjir tahun 2007.