Jelajah

Tak Tersentuh Proyek Pemerintah Selama 20 Tahun Terakhir, Warga Dukuh Puyut Plalangan Jenangan , Swadaya Perbaiki Jalan Desa

Tak sabar dengan proyek perbaikan jalan dari pemerintah, warga RT 01 RW 02 dukuh Puyut desa Plalangan Jenangan, gerak sendiri. Mereka berswadaya melakukan perbaikan jalan desa sepanjang 1800 meter.

Seperti disampaikan alim basyiron, ketua RT setempat , jalan yang rusak makin parah, berlubang disana-sini. Padahal di wilayahnya banyak pusat perekonomian warga, pondok pesantren dan pariwisata. 

Akhirnya dirinya melakukan rembugan dengan warga sekitar dan hasilnya sepakat memperbaiki jalan dengan cara urunan. Kebetulan ada warga yang bekerja di luar negeri, dan kalangan pengusaha yang menyalurkan dananya untuk pengaspalan jalan rusak itu.

Diakui jalan di wilayahnya terakhir diperbaiki tahun 2002 lalu berarti sudah 20 tahun tanpa sentuhan proyek pemerintah. Seringkali, diusulkan melalui pemerintah desa setempat, tapi tidak pernah masuk dalam daftar prioritas. Karenanya tidak adanya kepastian membuat warga harus berjuang sendiri untuk bisa menjadikan jalanan mulus.