Jelajah

DPUPKP Mulai Petakan Jalur Realisasi Anggaran PEN, Banyak Anggaran Besar Sasar Jalur Perintis

Perbaikan jalan melalui realisasi anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ikut menyasar jalur perintis. Jalur-jalur itu menghubungkan Ponorogo dengan daerah tetangga di daerah-daerah pelosok.

Jamus Kunto Purnomo Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman ( DPUPKP ) Ponorogo mengatakan, dari hasil pemetaan (DPUPKP) Ponorogo diketahui beberapa ruas jalur perintis yang masuk dalam sasaran perbaikan jalan di antaranya peningkatan jalan Ngrayun-Jajar dengan pagu anggaran Rp 3 miliar,  peningkatan jalan Selur-Tanggaran dengan pagu Rp 1,8 miliar.

Perbaikan jalan juga menyasar jalur perintis di sekitar kawasan selingkar Wilis, seperti peningkatan jalan ruas Gondowido-Toyomarto dengan pagu Rp 2,3 miliar, peningkatan jalan ruas Kesugihan-Ngebel dengan pagu Rp 3,7 miliar.

Jamus memastikan jalur perintis itu nantinya semakin memudahkan mobilisasi masyarakat khususnya di daerah pelosok. Apalagi pemerintah pusat juga telah menjadikan pembangunan kawasan selingkar Wilis dalam proyek strategis nasional.

Berdasarkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) 80/2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di kawasan Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan, Kawasan Bromo-Tengger-Semeru, serta Kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan. Pihaknya berharap dapat meningkatkan pelayanan aksesibilitas bagi masyarakat.