HeadlineJelajah

65 Hektar Lahan di Pulung Ditanami Jahe dan Serai Wangi, Pemerintah Jamin Soal Pemasaran

65 hektar ladang di Ponorogo disiapkan untuk ditanami sereh wangi dan jahe merah. Nantinya puluhan hektar tanaman tersebut akan diolah 310 petani. Seperti disampaikan Edi Satria, Deputi bidang usaha mikro Kementerian koperasi dan UMKM Rabu 24 Agustus 2022 saat berkunjung ke Pulung Ponorogo. 

Pulung sengaja dipilih oleh salah satu perusahaan penjamin untuk menanam jahe merah dan sereh wangi, karena cocok ditanam untuk kedua jenis tanaman tersebut. Apalagi dari kesiapan lahan Ponorogo juga sudah siap. Karenanya, kata Edi Satria, komunikasi Pemkab dengan Perhutani juga lumayan baik. Sereh wangi dan jahe akan ditanam di lahan Lembaga Masyarakat Desa Hutan ( LMDH) milik Perhutani. 

Masih kata Edi, nantinya hasil dari 2 tanaman tersebut akan dibeli oleh offtaker ( perusahaan penjamin) sesuai dengan MOU. Yang jelas para petani juga tidak akan rugi dan tidak akan untung banyak, kata Edi harganya stabil di tengah.

Sementara itu Lisdyarita, wakil Bupati Ponorogo, ini merupakan kesempatan petani untuk bangkit pasca pandemi covid 19. Pasalnya hasil jahe merah dan serai wangi akan dibeli offtaker langsung dengan harga sesuai dengan MOU yang telah disepakati. Pihaknya juga mewacanakan untuk mengajukan susu dari Pudak untuk di beli offtaker yang sama saat ini sedang bekerja sama dengan Pemkab.