Pemkab Ponorogo Sambut Gembira, Pemerintah Siap Beri Ganti Rugi Sapi PMK

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto melalui youtube sekretariat presiden, Kamis (23/6) mengatakan, pemerintah menyiapkan ganti rugi sebesar Rp10.000.000,00 untuk sapi milik peternak yang dimusnahkan akibat wabah Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK).


Kebijakan ini akan diprioritaskan untuk peternak sapi skala Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Menananggapi hal tersebut Sugiri Sancoko Bupati Ponorogo menyambut baik kebijakan tersebut untuk ganti rugi sebesar Rp10.000.000,00 untuk sapi milik peternak yang dimusnahkan akiba PMK.

Sebelum keluar kebijakaan itu, pihaknya dengan Gubernur Jawa Timur beberapa kali berkoordinasi untuk mendesaknya. Lanjut Kang Giri, pihaknya berharap Petunjuk Teknis (Juknis) dapat segera keluar, agar bisa melaksanakan kebijakan itu. Karena, Pemkab bisa memberikan bantuan dengan keputusan dekresi. Asal tahu saja, modal peternak Pudak merupakan pinjaman dari bank sehingga perlu diganti rugi ternak sapinya yang mati.

Sekedar informasi, Bupati Sugiri pun telah mengirimkan surat ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk penangguhan pinjaman uang. Selain itu, untuk bantuan obat pun sudah diberikan. Pihaknya juga sedang mencari solusi pembiayaan sekolah untuk 173 anak SMP dan SMA, disampung telah memberikan 300 paket sembako dari berbagai donatur. (ia/yd)