HeadlineJelajah

Kelurahan Banyudono Masuk 4 Besar Nasional Dalam Pengelolaan Kampung KB

Warga kelurahan Banyudono Kecamatan Ponorogo boleh berbangga.  Pasalnya masuk empat besar nasional kategori pengelolaan kampung KB. Tim penilaian dari Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur yang di pimpin Uni Hidayati turun untuk melakukan penilaian.

Namun kelurahan Banyudono untuk menjadi nomor satu di kategori tsb harus bersaing dengan Kabupaten Trenggalek, kabupaten Pasuruan dan kabupaten Malang. Seperti yang dikatakan Joko Setyo lurah Banyudono, pihaknya juga mengadakan bazar umkm yakni pembuatan batik tulis agar memperoleh nilai lebih.  Selama ini kerja sama antar lintas sektoral di kelurahan Banyudono juga diklaim bagus.

Lanjut joko, Kawasan Rumah Pangan Lestari ( KRPL) juga berjalan baik untuk. Ketahanan pangan. IPAL (Instalasi Pengolahan Limbah) juga sudah berjalan agar tidak membuang limbah sembarangan. Joko mengatakan kampung KB tidak melulu berurusan dengan. 2 anak cukup.  Namun dengan menyandang kampung KB bisa memperdayakan masyarakat yang tujuannya bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.  Serta merubah perilaku masyarakat yang lebih sehat.

Sementara itu harjono kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Ponorogo( DPPKB) mengatakan tim penilaian dari jatim yang dilihat pengelolaannya pasalnya kelurahan Banyudono masuk kategori tersebut.  Menurutnya kerjasama misalnya antar lintas sektoral menjadi salah satu penilaian.  Misalnya kelurahan Banyudono bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja dengan memberikan pelatihan batik tulis .

Kelurahan banyudono juga bekerja sama organisasi wanita untuk memberikan pelatihan pemulasaran jenazah pada wanita . Sehingga saat ada jenazah perempuan yang melakukan pemulasaran juga wanita. Masih kata Harjono, kerjasama tersebut  juga dilakukan kampung KB lainnya .

Sedangkan agus pramono sekda ponorogo mengatakan pihaknya berharap kampung kb kelurahan Banyudono bisa menjadi nomor 1 di kategori pengelolaan kampung KB di tingkat nasional . Menurutnya Ada banyak kegiatan ekonomi di Kampung KB.

Lanjut Agus Pram, kampung KB justru real kegiatan masyarakat disana . Ada pelatihan batik, simpan pinjam dan ada banyak pelatihan lain  dan tujuan dari semua itu adalah peningkatan ekonomi masyarakat.
Dalam kegiatan tersebut dari PKK Kelurahan Banyudono juga memamerkan aneka hasil atau produk kampung KB Banyudono mulai dari kerajinan batik, aneka makanan tersaji rapi.