HeadlineJelajah

Polres Ancam Pidanakan Bagi Donatur Dan Pembuat Balon Udara

Jelang bulan suci romadhon Polres Ponorogo mulai mengantisipasi penerbangan balon udara tanpa awak . Krops  berbaju coklat itu, siap memberikan sanksi tegas berupa pidana jika ditemukan donatur sekaligus warga yang mendukung adanya balon udara diwilayahnya . Bahkan bagi yang  upload di media sosial pun akan dipidanakan .

AKBP Catur C Wibowo kapolres Ponorogo mengatakan  seakan jadi tradisi , setiap ramadan dan syawal  banyak masyarakat  yang merayakannya dengan menerbangkan balon udara  disertai mercon padahal  cukup membahayakan . Tahun lalu ada yang meninggal dunia 2 orang gara gara akan membuat mercon di Sukorejo . Ada juga yang balon awak tanpa awak ini disertai mercon juga jatuh di rumah warga Kauman sehingga mengakibatkannya kerusakan .

Karenanya belajar tahun lalu,  pihaknya tidak segan untuk membawa ke ranah hukum bila ada yang melanggar . Tahun lalu juga sudah ada yang masuk rutan karena kasus balon udara tanpa awak disertai mercon yang jatuh ke rumah warga Kauman . Pihaknya juga sudah memberikan sosialisasi ke tokoh masyarakat terkait pelarangan penerbangan balon udara tanpa awak .  Para pedagang bahan balon udara pun juga sudah diberikan hinbuan .