HeadlineJelajah

Wereng Dikhawatirkan Migrasi Ke Wilayah Ponorogo Bagian Utara Petani Diminta Waspada

Wilayah Ponorogo bagian  utara di minta waspada serangan hama wereng .  Pasalnya saat ini wilayah pertanian yang mencakup Babadan, Pulung, Jenengan , Sukorejo dan Badegan saat ini mulai tumbuh bulir padi .  Suwarni petugas organisme pengendali tanaman ( POPT) dinas Pertanian ketahanan pangan dan perikanan ( dipertahankan)  mengatakan petani yang berada di wilayah utara untuk waspada serang hama wereng .

Pasalnya dikhawatirkan wereng di wilayah selatan akan berpindah tempat ke wilayah utara  . Masih kata Suwarni pihaknya sudah memberikan bantuan berupa pestisida ratusan liter dan ratusan kilogram baik berupa tepung maupun cairan ,dan memberikan sosialisasi ke para petani .

Sementara itu berdasarkan data dipertahakan  Setidaknya 44 hektar lahan pertanian di Ponorogo terserang hama wereng .  Beruntung meskipun terserang wereng tidak menyebabkan gagal panen .  Namun menyebabkan secara kualitas dan kuantitas hasil pertanian .

Lanjut Suwarni mengungkapkan  ada 14 kecamatan yang di serang hama wereng per pertengahan Maret . Namun paling banyak masuk kategori ringan yakni 39,6 hektar .  Sementara sisanya kategori sedang dan berat .  Ditambahkan Suwarni, 14 kecamatan yang didominasi di wilayah selatan tersebut  paling banyak yang terserang diantaranya Jetis, Balong , dan Bungkal.