Jelajah

SDM Terbatas, Jam Layanan PSC Dipangkas

Public Safety Center (PSC) Ponorogo terpaksa harus mengurangi jam operasionalnya. Bila sebelumnya melayani 24 jam. Namun kini hanya bisa melayani masyarakat sekitar 12 jam saja atau jam 7 pagi hingga 8 malam. 

Seperti dikatakan Haryono Kasie Rujukan dinas kesehatan Ponorogo,  pengurangan jam operasional ini sengaja dilakukan karena sumber daya manusia (SDM) yang berkurang. Kalau biasanya SDM 8 orang untuk 24 jam  dengan dibagi 3 shift, dan kini tinggal 4 orang.

Pasalnya yang 4 orang keterima baik Formasi PNS maupun P3K. Pihaknya sebenarnya mau mengambil tenaga kesehatan yang di Isoter ( Isolasi Terpadu ) Gedung IKM. Namun kata Haryono, saat ini tenaga kesehatan yang berada di sana merawat pasien covid 19 yang sekarang kembali naik.

Menurutnya internal dari dinas kesehatan pun akan segera mencari solusi tambahan SDM. Haryono melanjutkan, dalam sehari PSC Ponorogo melayani dua hingga empat yang membutuhkan layanan, misalkan kasus kecelakaan, atau kasus kegawatdaruratan. 

Saat puncak covid 19 pun pihaknya juga terlibat. Untuk masyarakat yang membutuhkan layanan kedaruratan di malam hari bisa menghubungi Puskesmas terdekat.