Hujan Es Terjadi di Pudak, Mengancam Hektaran Sayuran Yang Siap Panen

Hujan es yang sempat melanda wilayah Pudak Senin siang (21/02) membuat ketar-ketir kalangan petani Desa krisik, Pasalnya hektaran tanaman sayuran siap panen terancam membusuk. Seperti disampaikan Erwan Santoso, Kepala Desa Krisik, Hujan es baru pertama kali terjadi di wilayahnya, dijelaskannya hujan deras dimulai pukul 14:00 disertai angin dan butiran es kecil-kecil. 


Selain merusak tanaman, hujan juga mengakibatkan sejumlah pohon tumbang, adapun tanaman petani yang baru taman mungkin bisa diselamatkan meski pertumbuhannya tidak optimal, tapi bagi tanaman yang siap panen terancam busuk, atau jika bisa dipanen hanya sekitar 70 persen saja. Erwan menggambarkan ibarat sudah jatuh tertimpa tangga, sudah kualitas tanaman terancam menurun, harga dipasaran juga tak bisa terkerek naik karena serapan pasar lemah.

Sementara itu, hujan es juga terjadi di wilayah Bareng Pudak. Parno warga setempat menjelaskan, diawali dari panas cukup terik kemudian jam 2 siang wilayahnya diguyur hujan deras serta angin kencang dan es, bahkan hujan es yang turun berdurasi sekitar 15 menit dengan butiran es sebesar jempol orang dewasa. Warga sempat ketakutan sebab es yang jatuh membuat atap rumah seperti dilempari batu, untungnya tidak ada kerusakan dari peristiwa yang jarang terjadi tersebut.