HeadlineJelajah

Data Dinas Kesehatan DBD 109 Kasus Hingga Akhir Tahun Ini

Angka kasus demam berdarah dengue (DBD) di Ponorogo tembus mencapai ratusan kasus. Data di Dinas Kesehatan berdasarkan laporan dari masing-masing Puskesmas ada 109 kasus DBD hingga Selasa (28/12/21). Heni Lastari Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan mengatakan sejak Januari hingga Desember ada 109 DBD dan satu kasus meninggal dunia pada bulan April.

Untuk bulan Desember sementara hanya ada 11 kasus DBD. Heni mengakui memang banyak laporan dari masyarakat pada bulan Desember. Hanya saja setelah dilakukan penyelidikan, epidemiologi ternyata cuma dengue fever (DF) tidak ada indikasi DBD. Dokter Heni melanjutkan, indikasi penyakit tifus hampir menyerupai DBD. Puskesmas sawoo dan Puskesmas balong merupakan penyumbang kasus DBD terbanyak.

Heni mengakui kekhawatiran di masyarakat pasalnya saat ini dibilang musim DBD karena ini memang musim penghujan nyamuk banyak. Namun dirinya meminta jangan masyarakat meminta fogging saja saat ada DBD. Pasalnya jika fogging terus dilakukan akan menimbulkan masalah baru. Misalnya nyamuk akan lebih kebal.

Heni menegaskan pemberantasan sarang nyamuk yg harus dimaksimalkan. Yakni gerakan 3M plus (menguras, menutup, dan mengubur sampah) pasalnya itu yang efektif. (yd)