Pemuda Desa Dayakan Open Donasi Bangunkan Rumah 2 ODGJ Yahmi dan Surip

Kehidupan Yahmi dan Surip, warga lingkungan Krincing Dukuh Watu Agung Desa Dayakan Bagedan, menggugah kepedulian warga.  Kalangan pemuda setempat membuka open donasi terhadap 2 ODGJ itu, di mana uang yang terkumpul digunakan untuk pembangunan rumah.


Lamidi, penggagas aksi penggalangan dana mengatakan pasca dibuka donasi, disambut luar biasa donatur sehingga terkumpul uang sekitar Rp5,5 juta. Selain itu juga banyak yang membantu bahan makanan hingga material untuk pembangunan. Uang yang terkumpul tersebut sudah dibelanjakan material bangunan dan sudah dimulai pembangunannya.

Rumah berukuran 6 x 4 tersebut memiliki dinding dari bata ringan dan beratap asbes, berlokasi didekat rumah sekarang ditinggali keduanya. Setelah rumah jadi, akan ada kakaknya yang menemani keduanya sehingga kekhawatiran pihak desa akan ada pengrusakan seperti yang sudah sudah diharapkan tidak terjadi. Pihaknya belum berencana menutup donasi, karena anggaran pembangunan rumah masih kurang. Selain pembangunan rumah nantinya juga akan dipasang listrik.

Seperti diketahui Yahmi dan Surip, kehidupannya sempat viral dimedia sosial karena tinggal di rumah tak layak huni. Kedua ODGJ itu, hanya hidup berdua dengan kondisi memprihatinkan. Informasi dari Kades Dayakan, pemerintah desa sebenarnya sudah berupaya mencarikan bantuan. Tahun 2016 lalu pernah mendapat bantuan bedah rumah, tapi karena mengidap gangguan jiwa, rumah itu dirusak sendiri. Keduanya juga penerima program BPNT. (rl/ab)