Kejar Setoran Realisasi Pajak Hingga Oktober Mencapai 91,98%

Pemkab kejar setoran realisasi pajak, Hingga Oktober capaian total pajak daerah mencapai Rp 72,4 Miliar Atau 91,98% dari target pajak Daerah Tahun ini sebesar Rp 78,7 Miliar. Agus sugiarto Pelaksana tugas Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah mengatakan Target penerimaan pajak juga telah disesuaikan melalui perubahan anggaran pendapatan belanja Daerah (P-APBD) 2020 ini, data yang dimiliki BPPKAD capaian total pajak daerah hingga Jumat (09/10) mencapai Rp 72,4 miliar Atau 91,98 % dari target pajak daerah tahun ini sebesar Rp 78,7 miliar, ada sepuluh pos pajak Daerah yang diatur. 


masih kata Agus Penyumbang tertinggi l yakni pajak bumi dan bangunan yang realisasinya sudah mencapai Rp 35,3 Miliar, dari Tahun ke Tahun PBB penyumbang tertinggi yakni sekitar 40% dari total pajak Daerah. Selain PBB ada empat pos pajak lain yang menjadi penyumbang terbesar kas Daerah meliputi pajak penerangan jalan yakni Rp 19,9 Miliar, pajak bea perolehan hak atas tanah dan bangunan 11,5 Miliar, pajak restoran 2,92 Miliar dan pajak reklame Rp 986 juta, namun berbanding terbalik dengan sejumlah pos pajak yang lemot realisasinya, misalnya pajak air tanah dan pajak parkir, Kedua pos pajak baru menyumbang Rp 118 juta (pajak air tanah) dan Rp 137 juta (pajak parkir), Keduanya belum mencapai target yang ditetapkan.

Agus mengatakan pos pajak yang terbilang lelet ini cukup banyak dipengaruhi oleh pandemi misalnya Parkir berkurang karena masyarakat selama awal pandemi diimbau tidak banyak keluar rumah, pihaknya optimistis masih bisa menggenjot serapan pajak Daerah sampai akhir Desember mendatang. #PO942