Jelajah

Retakan Tanah Ancam 2 Rumah di Dukuh Wonorejo Serag Pulung, Akibat Tanah Gerak

Retakan tanah mengancam 2 rumah warga di RT02 RW02 Dukuh Wonorejo, Serag, Pulung, Ponorogo. 2 rumah tersebut milik Kabul dan Warinem dimana saat hujan datang mereka dan keluarga harus siap-siap mengungsi.

Sunoto Kamituwo Dukuh Wonorejo, Serag Pulung mengatakan, retakan tanah tersebut semakin bertambah panjang setelah ada tanah gerak akibat hujan deras yang mengguyur wilayahnya pada Sabtu (19/10/24) retakan sepanjang 100 meter dengan lebar mencapai 10 cm berada di jalan yang posisinya di atas rumah kedua warganya itu.

BPBD bersama pemerintah desa dan Koramil telah meninjau lokasi terdampak dan siap mengadakan kerja bakti untuk menutupi retakan tanah dengan terpal pada Ahad (27/10/24). Pihaknya juga telah mendapatkan bantuan dari BPBD Pemprov Jatim dan BPBD Ponorogo berupa, sesek, bronjong, terpal, selimut, pakaian, dan makanan instan.

Tanah gerak di kawasan ini bukan kali pertama terjadi. Kejadian serupa juga tercatat pernah menimbulkan keretakan pada jalan di sekitar lokasi pada tahun 2023.