HeadlineJelajah

Selamatkan Lingkungan, Gempa Adventure Ponorogo Raih Kalpataru

Perjuangan Gerakan Merah Putih Pecinta Alam atau Gempa Adventure yang fokus pada kelestarian lingkungan kembali berbuah manis. Komunitas pecinta alam yang berdiri sejak tahun 2005 tersebut berhasil meraih penghargaan Kalpataru dari Pemprov Jatim.

Penghargaan Kalpataru dalam kategori penyelamat lingkungan itu diberikan oleh gubernur Jawa Timur di Taman Argo Wilis Nganjuk, pada 9 Oktober 2024. Rina Ummu Hani’ Assalimah, Ketua Komunitas Gempa Adventure mengungkapkan dengan diberikannya penghargaan tesebut tanggung jawabnya untuk menjaga kelestarian lingkungan semakin bertambah besar.

Timnya harus benar-benar menyiapkan berbagai program baru untuk maju ke kalpataru tingkat nasional. Program tersebut seperti, sulam pohon yang ditebang, mendata sumber air yang muncul maupun yang mengering, dan rencananya akan penanaman bibit baru yang bekerjasama dengan komunitas lain.

Tidak hanya itu pihaknya juga melakukan program lain seperti pendidikan sekolah alam untuk anak-anak, bantuan sosial, juga bantuan kesehatan. Untuk 6-7 bulan ke depan pihaknya akan mempersiapkan berbagai materi untuk maju ke tingkat nasional.

Lebih lanjut wanita yang akrab dipanggil Putri ini mengaku pernah menjadi juara I tingkat nasional lomba Wana Lestari 2022 kategori Kelompok Pecinta Alam dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dan juga Komunitas Pecinta Alam (KPA) terbaik se-Indonesia. Harapannya masyarakat sadar dengan lingkungan sekitar, terutama peduli pada sampah.