HeadlineJelajah

Ponorogo dan Malang Resmi Diusulkan Jadi Kota Kreatif UNESCO Mewakili Indonesia

Setelah melalui perjuangan yang melelahkan, Kabupaten Ponorogo akhirnya lolos melaju ke UNESCO Creative Cities Network (UCCN), sebagai anggota Jejaring Kota Kreatif bersama kota Malang, Jawa Timur.

Penetapan ini dilakukan Senin (14/10/24) melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada acara The Weekly Brief with Sandi Uno.

Judha Slamet Sarwo Edhi Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Olahraga (Disbudparpora) mengatakan ditetapkan sebagai nominasi yang diusulkan Indonesia di UCCN merupakan capaian yang luar biasa.

Menurutnya, bukan hanya Ponorogo saja yang menginginkan masuk ke UCCN. Beberapa Kabupaten Kota yg lolos 6 besar juga mempunyai keinginan yang sama, kandidatnya antara lain Bantul, Tangerang, Buleleng, Malang dan Makassar.

Dijelaskan untuk penilaian tahap akhir adalah visitasi yang dilakukan oleh Tim Panselnas yang dipimpin langsung oleh Taufik Rahzen sebagai Pengarah Panselnas Kemenparekraf turun langsung di Ponorogo 26-27 September 2024.

Selasa (8/10/24) pihaknya menerima surat dari Kemenparekraf dari hasil Seleksi Nasional ditetapkan Ponorogo lolos yang akan dinominasikan diusung oleh Pemerintah RI ke UCCN dengan sektor unggulannya kategori Craft dan Folk Art yang berbasis pada Seni Pertunjukan Reog Ponorogo.

Harapannya setelah ditetapkan sebagai UCCN akan menjadi jejaring sesama kota kreatif dunia, sharing kerjasama antar negara sesama kota kreatif sedunia.

Ponorogo akan mendapatkan spirit dan inspirasi kreatif dari kota lain sesama jejaring kota kreatif dunia yang akan diadopsi oleh masyarakat Ponorogo untuk berkreatif.