Jelajah

Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) di Ponorogo Turun, Ini Langkah DLH

Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) Ponorogo mengalami penurunan sejak 6 tahun terakhir. Salah satu penyebabnya adalah pencemaran air sungai di Pudak.

Rosmiati Pejabat Fungsional Pengendali Dampak Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Ponorogo menjelaskan Indikator IKLH sendiri terdiri dari 3 diantaranya IKLH Air, IKLH Lahan, dan IKLH Udara.

Indeks Air sendiri turun sebesar 3,5%, sedangkan indeks Udara dan Lahan mengalami kenaikan yaitu 0,2% dan 0,8%. Meskipun demikian, tetap saja total IKLH tersebut mengalami penurunan. Apalagi banyak lahan di Ponorogo yang terbakar.

Untuk mengatasi kondisi tersebut lanjut Rosmiati, pihaknya menyelenggarakan 3 program diantaranya, Indonesia Hijau, Langit Biru, dan Kali Bersih.

Bersama gabungan komunitas pecinta alam seperti pepeling, akan melakukan penghijauan di 7 kampung iklim seperti Babadan, Bedikulon, Bringinan, Wates, Nduri.

Untuk program Langit Biru dilakukan penanaman pohon penyerap polutan di tepi jalan, juga kegiatan bersih kali. Dikatakan pihaknya mendapatkan bantuan dari BPDAS Solo sebanyak 2.900 bibit pohon dengan 12 jenis.