Jelajah

6 Hakim Ikut Solidaritas, Selama Sepekan, Jadwal Sidang di Pengadilan Negeri Ponorogo Ditunda

Pengadilan Negeri (PN) Ponorogo Kelas IB ikut dalam aksi solidaritas menuntut kesejahteraan gaji dan tunjangan. Setidaknya enam hakim termasuk ketua mengosongkan jadwal sidang selama sepekan ke depan, mulai Selasa (8/10/24).

Harries Konstituanto Hakim yang juga Juru Bicara dan Humas PN Ponorogo, mengatakan, pernyataan sikap para hakim di Ponorogo itu dilakukan sebagai bentuk solidaritas. Pasalnya, selama belasan tahun tidak ada perubahan terkait peraturan pemerintah (PP) No.94/2012 yang mengatur soal kesejahteraan gaji dan tunjangan para hakim.

Para hakim di Ponorogo ini tidak mengambil cuti. Namun mengosongkan jadwal sidang selama sepekan ke depan, mulai Selasa (8/10/24). Harries mengakui, dukungan para hakim terkait aksi tersebut tidak serta merta dilakukan.

Pihaknya juga tidak mengabaikan hak para pencari keadilan. Bahkan ada jadwal putusan sidang dan jawab jinawab yang dilaksanakan Senin (7/10/2024) kemarin.

Masih kata Harries, enam hakim di PN Ponorogo hanya sebatas mengosongkan jadwal sidang dan tetap berada di Ponorogo. Untuk pelimpahan perkara pidana juga tidak dapat ditolak. Berdasarkan data pengadilan negeri sejak Januari hingga awal Oktober ini, ada 125 perkara yang disidangkan di PN Ponorogo.