Jelajah

Berkat CCTV, Pencurian Kotak Amal di Klinik Berkah Prima Medika Mlarak Terungkap, Pelaku Wanita dengan Gangguan Mental

Kasus pencurian kotak amal di Klinik Berkah Prima Medika, Desa Gandu, Mlarak, Ponorogo, pada Senin, 12 Agustus 2024, terungkap berkat rekaman CCTV. Pelaku yang diketahui seorang perempuan berinisial F, berusia sekitar 17 tahun, ternyata merupakan tetangga klinik tersebut. F diketahui mengalami gangguan mental dan sudah sering kali berulah di lingkungan masyarakat.

Pemilik Klinik Berkah Prima Medika, Nita Yunita, menyatakan bahwa kasus ini telah diselesaikan secara kekeluargaan dengan mediasi yang melibatkan pemerintah Desa Gandu Mlarak.

“Kami sepakat untuk menyelesaikan masalah ini secara kekeluargaan, mengingat kondisi pelaku yang memang mengalami gangguan mental,” ujar Nita Yunita.

Kronologi peristiwa ini bermula ketika petugas klinik merasa curiga karena kotak amal yang biasanya berada di dekat pintu masuk tiba-tiba hilang. Setelah dilakukan pencarian namun tidak ditemukan, akhirnya petugas memeriksa rekaman CCTV.

“Di rekaman CCTV terlihat seorang perempuan berjilbab datang mengendap-endap, lalu mengambil kotak amal yang terbuat dari kaca dan membawanya kabur,” jelas Nita.

Setelah mengetahui identitas pelaku dari rekaman CCTV, karyawan klinik kemudian membagikan rekaman tersebut di media sosial. Tak lama setelah itu, ada warga yang mengenali pelaku dan segera menghubungi pihak klinik serta pihak kepolisian.

“Pelaku akhirnya berhasil ditangkap di Desa Brau Siman,” tambah Nita.

Namun, sayangnya, uang di dalam kotak amal yang diperkirakan bernilai antara Rp 2 hingga 3 juta rupiah sudah tidak ditemukan ketika pelaku ditangkap.

“Pelaku sulit diajak berkomunikasi, dan uang di dalam kotak amal tersebut sudah hilang,” kata Nita.

Lebih lanjut, Nita mengungkapkan bahwa pelaku tidak hanya mencuri kotak amal di kliniknya, tetapi juga sebuah sepeda ontel milik warga Bajang, Mlarak.