Jelajah

Agustus, Ribuan Pelajar SD /MI Akan Disasar Program BIAS

Agustus, program BIAS akan segera menyasar anak sekolah yang ada di Ponorogo baik SD maupun MI. BIAS sendiri merupakan singkatan dari Bulan imunisasi anak sekolah dimana siswa kelas satu akan mendapatkan vaksin campak rubella sementara untuk siswa kelas 5 dan 6 khusus perempuan akan mendapatkan vaksin HPV. 

Anik setyorini, kabid P2PL dinas kesehatan Ponorogo mulai pekan ini akan dilakukan secara serentak menyasar ribuan pelajar dan diharapkan seratus prosen bisa tercover. Pihaknya sudah menyurati semua sekolah yang akan disasar program BIAS dan melibatkan semua petugas yang ada puskesmas puskesmas.

Dijelaskan Program BIAS dinilai sangat penting untuk dilakukan karena sejak anak mulai memasuki usia sekolah dasar, terjadi penurunan kekebalan tubuh. Dimana kekebalan tubuh mereka didapatkan saat mereka mendapatkan imunisasi ketika bayi, sehingga perlu dilakukan imunisasi lanjutan. 

BIAS akan dilakukan secara serentak di semua sekolah tingkat dasar di seluruh Indonesia. Mulai dari Sekolah Dasar(SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Luar Biasa (SLB). Sedangkan pelaksanaannya dilakukan pada bulan Agustus dan November setiap tahunnya.