Jelajah

Karena Diang, Kandang dan Seekor Sapi Milik Petani di Totokan Mlarak Hangus Terbakar

Kebakaran hebat melanda kandang sapi milik Bu Mini, warga Dukuh Totokan 3, Desa Totokan Mlarak pada Kamis siang sekitar pukul 14.00 WIB. Insiden tragis ini mengakibatkan seekor sapi miliknya mati terpanggang hidup-hidup.

Menurut Kepala Desa Totokan Mlarak, Paidi, kejadian ini terjadi saat Bu Mini sedang bekerja sebagai buruh tani dan tidak berada di rumah. Kebakaran pertama kali diketahui oleh tetangga yang melihat api menyala dari dalam kandang. Tetangga tersebut segera berteriak meminta tolong kepada warga sekitar.

Sayangnya, upaya pemadaman api terhambat karena adanya pemadaman listrik sejak pagi hari, sehingga pompa air tidak dapat berfungsi. Akibatnya, api dengan cepat melahap seluruh kandang, terutama karena angin berhembus kencang pada saat itu. Api baru padam dengan sendirinya pada sore hari.

“Untungnya, dua ekor sapi lainnya berhasil selamat karena berhasil lepas dari kandang,” ungkap Paidi.

Ia juga menjelaskan bahwa pemilik sebelumnya membuat perapian pada sore hari untuk mengusir nyamuk, namun kemungkinan lupa mematikannya. Ditambah dengan tumpukan kotoran sapi, api semakin membesar dan akhirnya merembet ke seluruh kandang.

Atas kejadian tersebut, kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.