Jelajah

Peringati Hari Anak Nasional: Ponorogo Gaungkan Perlindungan dan Kemajuan Anak

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh setiap tanggal 22 Juli, Dinas Sosial P3A Ponorogo menggelar rangkaian kegiatan dengan tema “Anak Indonesia Terlindungi dan Maju.” pada Sabtu, 27 Juli 2024.

Aida Fitria Miasari, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak Dinas Sosial P3A, menyampaikan bahwa acara ini memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk menunjukkan eksistensinya.

Di Ponorogo, kata Aida memiliki Paguyuban Anak Ponorogo (PAP) yang berada di bawah naungan Dinas Sosial. Pihaknyai sebagai pengampu forum PAP memberikan ruang dan kesempatan kepada anak-anak untuk berpartisipasi aktif.

Pada peringatan Hari Anak Nasional ini, pihaknya akan menyelenggarakan tiga macam lomba yang melibatkan anak-anak dari berbagai sekolah dan komunitas.

Tema yang diusung sesuai dengan tema nasional, di mana seluruh kegiatan bertujuan untuk memajukan dan melindungi anak-anak Indonesia.

Aida Fitria juga menyoroti permasalahan anak di Ponorogo, yang meski tidak signifikan tetap menjadi perhatian. Permasalahan anak yang paling menonjol di Ponorogo adalah pernikahan usia anak. Dari tahun 2022 ke 2023 terjadi penurunan jumlah pernikahan usia anak dari 176 menjadi 161.

Hingga pertengahan tahun ini terdapat sekitar 70 pasangan, namun belum semua akan disetujui oleh pengadilan. Selain itu, Dinas Sosial P3A Ponorogo telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi permasalahan ini, termasuk Bimbingan Teknis (BIMTEK) dan program sekolah ramah anak. Pihaknya berharap dengan upaya ini bisa menurunkan angka pernikahan usia anak.