Jelajah

BPBD Goes to School: Pembekalan Mitigasi Bencana Sejak Dini

Dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo melaksanakan program “BPBD Goes to School” dengan materi waspada bencana sebagai langkah pembekalan mitigasi sejak dini. Kegiatan ini dilaksanakan di beberapa sekolah di Ponorogo untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan siswa terhadap bencana.

Marsanto Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Ponorogo, menjelaskan bahwa kunjungan ke sekolah-sekolah ini merupakan bagian dari upaya edukasi bencana. Pekan lalu saat MPLS pihaknya diundang oleh beberapa sekolah seperti pada tanggal 16 Juli di SMPN 1 Mlarak, 17 Juli di SMPN Sawoo, dan 18 Juli di SMPN 1 Ponorogo. Intinya, sekolah-sekolah tersebut mengundang untuk diberikan edukasi terkait bencana.

Materi yang disampaikan oleh BPBD meliputi pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana, termasuk simulasi gempa bumi. Pihaknya kata Marsanto melatih para siswa bagaimana cara menyelamatkan diri dari gempa bumi, cara menandu teman yang luka saat bencana, dan memberikan pemahaman tentang pentingnya mengikuti protokol yang sudah ada. Seluruh siswa mengikuti protokol yang telah ditetapkan dan OSIS turut dilibatkan dalam proses mitigasi ini.

Selain edukasi di sekolah dalam program Jelajah Pagi Gema Surya, BPBD Ponorogo juga mengimbau masyarakat terkait ancaman bencana kekeringan tahun 2024. Pihaknya telah mengedarkan imbauan kepada seluruh camat se-Kabupaten Ponorogo.

Dengan program ini, diharapkan para siswa dan masyarakat Ponorogo semakin siap dan waspada dalam menghadapi berbagai potensi bencana yang mungkin terjadi.