Jelajah

Isi Liburan, Pelajar di Ponorogo Sasar Perpustakaan Daerah

Memasuki liburan sekolah tingkat kunjungan ke perpustakaan daerah/Perpusda meningkat 50 persen. Banyak pelajar yang memilih mengisi waktu luangnya dengan membaca buku di perpustakaan. Nur Vitasari, petugas Perpusda, menyampaikan bahwa jumlah pengunjung mulai naik sejak tiga hari terakhir, yang sebelumnya hanya di bawah 50 orang, sekarang sudah sekitar 70-an pengunjung.

“Ada anak-anak yang didampingi orang tuanya, ada juga usia remaja. Untuk usia remaja, mereka cenderung memilih membaca buku di dalam ruangan, namun anak-anak lebih suka bermain dan mendengarkan dongeng,” kata Nur Vitasari.

Ia menambahkan bahwa Perpusda tidak hanya menyediakan buku-buku bacaan, melainkan juga permainan anak, dongeng, dan kuis dengan hadiah kecil yang menarik. “Untuk kapasitas, masih cukup luas dan sanggup menampung puluhan pengunjung, tapi jika over, sebagian bisa membaca di luar ruangan,” jelasnya.

Selama liburan, Perpusda juga mengoperasionalkan perpustakaan keliling yang menyasar tempat-tempat wisata, salah satunya di Telaga Ngebel. “Kami berharap dengan adanya perpustakaan keliling, minat baca masyarakat akan semakin meningkat, terutama di tempat-tempat wisata yang ramai dikunjungi selama liburan,” tambah Nur Vitasari.