Jelajah

Ada Replika Ka’bah di Wisata Religi Bukit Marinda, Desa Sooko

Melihat dan menyentuh Ka’bah menjadi impian setiap umat muslim. Tahukah anda, di wilayah timur Ponorogo tepatnya di dusun Sooko, desa/kecamatan Sooko kini ada replika Ka’bah yang lokasinya bersebelahan/satu komplek dengan masjid Baitussalam Sooko. Namanya adalah wisata religi Bukit Marinda.

Lokasinya pun strategis berada di pinggir jalan raya arah ke Trenggalek. Keberadaan masjid tersebut, baru diresmikan Rabu, 24 Agustus 2022 lalu. Meky Hasan kepala Kantor urusan agama (KUA ) Sooko, menyampaikan replika Kabah ini lumayan besar dibanding replika yang ada di lokasi lain.  

Menempati areal seluas 2800 meter persegi, selain replika Kabah juga dilengkapi dengan replika Maqom ibrahim, Hijir Ismail, Tugu Jabal Rahmah, Tempat lempar jumroh (ula, wustho, aqobah), Bukit sofa dan marwah, yang semuanya dibuat semirip mungkin dengan aslinya di tanah suci. Bahkan sebentar lagi ada pihak pengelola, bakal menanam tanaman kurma, sembari masih menunggu cuaca. 

Meky menambahkan, pembangunan obyek wisata religi yang diberi nama Bukit Marinda ini, merupakan inisiatif dari takmir masjid dan masyarakat sekitar. Para pengunjung akan disuguhi hamparan persawahan nan hijau, berlatar belakang pegunungan yang asri. Meskipun tergolong baru, namun replika Kabah ini sudah digunakan pembelajaran manasik haji oleh pelajar sekolah sekitar. Diharapkan, nanti nya bisa digunakan untuk manasik haji calon jamaah haji/umroh yang akan berangkat ke tanah suci.