HeadlineJelajah

Dilantik 1 September Nanti, Anggota DPRD Periode 2024 -2029, Tak Lagi Dapat Pin Berbahan Emas

45 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Kabupaten Ponorogo periode 2024-2029 akan dilantik 1 September 2024 hanya akan mendapatkan pin berbahan kuningan. Hal tersebut berbeda dengan periode sebelumnya yang mendapatkan pin berbahan emas untuk disematkan di jas sebagai seragam selama  mereka menjabat.

Joko Waskito, Sekretaris DPRD Ponorogo, menjelaskan bahwa kebijakan ini diambil mengikuti himbauan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). “Sebelumnya, para legislator memang mendapatkan pin emas. Namun, untuk periode ini, kami mengikuti arahan dari BPK untuk menggunakan pin berbahan kuningan,” ungkap Joko.

Untuk pembuatan pin kuningan bagi 45 anggota dewan, anggaran yang dikeluarkan mencapai sekitar Rp 22 juta. Pin tersebut akan dilengkapi dengan gambar logo Ponorogo berwarna biru-hijau, sebagai simbol identitas daerah.

Dari total 45 anggota dewan yang akan dilantik, 10 di antaranya adalah wajah baru, sementara 35 orang lainnya merupakan wajah lama yang berhasil terpilih kembali. “Kami sudah melakukan gladi kotor dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk pelantikan yang akan dilaksanakan dalam Rapat Paripurna Istimewa pada 1 September 2024,” tambah Joko.

Pihaknya lanjut Joko sudah melakukan gladi kotor hingga kesiapan pengamanan pelantikan yang akan dilakukan dalam Rapat Paripurna Istimewa pada 1 September 2024 mendatang.