Jelajah

Ada Indikasi Jaringan Pipa di Sumber Godog Sengaja Dilepas, PDAM Lakukan Penelusuran

PDAM Ponorogo masih melakukan investigasi terkait sering lepasnya jaringan pipa yang lokasinya berada ditengah hutan. Ada indikasi, pipa air itu sengaja dilepas tangan tangan jahil yang akibatnya aliran air ke pelanggan terganggu bahkan mati, Beberapa pelanggan yang sering komplain air PDAM mati, adalah paringan dan panjeng jenangan.

Lardi Direktur PDAM Ponorogo saat dikonfirmasi gema surya Selasa (27/08) mengatakan, setelah dilakukan pengecekan, sambungan pipa lepas. Ada kecurigaan sengaja dilepas untuk kepentingan pribadi karena dimusim kemarau membutuhkan air bersih, namun begitu pihaknya tak berani menuduh lantaran harus mengantongi bukti kuat. 

Diakui untuk melakukan pengecekan damn penelusuran jaringan pipa di sumber godok butuh waktu 2 hingga 3 jam, sumber itu lanjut Lardi, berada diatas ngebel dan ditengah hutan dimana jauh dari kantor layanan. Pemasangan jaringan pipa dilakukan dengan ditempelkan ke tebing tebing sungai.

Diakui, jika  pemakaian air PDAM oleh pelanggan juga meningkat di musim kemarau ini, pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk pelanggan yang  terdampak kerusakan jaringan PDAM, seperti melakukan droping air hingga rekayasa jaringan.