HeadlineJelajah

Tersangkut Kendaraan Besar, Tiang Lampu PJU Jalan HOS Cokroaminoto Tumbang

Lagi dan lagi tiang lampu penerangan jalan umum di jalan HOS Cokroaminoto roboh diduga kuat karena tersangkut kendaraan berukuran besar pada Sabtu dini hari, 24 Agustus Agustus 2024.

Padahal pintu masuk jalan HOS Cokroaminoto sisi utara sudah ada palang atau portal dimana kendaraan yang memiliki ketinggian diatas 3,5 meter dilarang melintas, namun tetap saja lewat.

Setyo Budiono, Kepala Bidang Lalu Lintas dan Sarana Prasarana (Sarpras) Dinas Perhubungan, membenarkan kejadian tersebut. “Memang benar, tiang PJU roboh pada Sabtu dini hari. Kami menduga tiang itu kecantol oleh kendaraan berukuran besar yang melintas di jalan tersebut,” ujarnya.

Setyo juga menegaskan bahwa robohnya tiang PJU tersebut bukan karena besinya keropos. “Besi tiang PJU itu masih dalam kondisi baik. Kejadian ini murni disebabkan oleh kendaraan yang tidak mematuhi aturan ketinggian,” tambahnya.

Setelah kejadian, petugas Dinas Perhubungan segera bergerak cepat untuk mengamankan tiang yang roboh tersebut. “Saat ini, tiang tersebut sedang dalam perbaikan. Kami mengimbau agar kendaraan dengan ketinggian lebih dari 3,5 meter tidak melintas di Jalan HOS Cokroaminoto untuk menghindari kejadian serupa,” kata Setyo Budiono, yang akrab disapa Budi.