Jelajah

Sehari Kebakaran Rumpun Bambu di Dua Lokasi Wilayah Sukorejo Penyebab Diduga Orang Bakar Sampah

Dalam  waktu hampir bersamaan, terjadi dua kasus kebakaran dikecamatan Sukorejo Ponorogo, Rabu 20 Agustus 2024. Lokasi pertama kebakaran rumpun bambu di dukuh Soko Desa Bangunrejo sekitar pukul 16 .00 WIB dan kedua kebakaran rumpun bambu di dukuh Dare desa Sukorejo sekitar jam 17.20 WIB.

Bambang Supeno, Kabid Damkar dan Penyelamatan Satpol PP Pemkab Ponorogo, mengonfirmasi bahwa tidak ada korban jiwa maupun kerugian materi yang signifikan dalam kedua kebakaran tersebut. Namun, kedua kejadian ini sempat menimbulkan kepanikan di kalangan warga. Di Dukuh Soko, kebakaran terjadi dekat dengan lahan pertanian yang hampir panen serta kandang ternak milik warga. Sementara di Dukuh Dare, kebakaran terjadi dekat dengan fasilitas publik seperti sekolah dan puskesmas.

“Penyebab pasti dari kebakaran ini masih belum diketahui. Namun, kami menduga kuat bahwa kebakaran disebabkan oleh pembakaran sampah,” ujar Bambang. Ia menjelaskan bahwa setelah menerima laporan tentang kebakaran pertama, pihaknya segera menurunkan dua unit mobil pemadam kebakaran ke lokasi kejadian. Namun, sebelum proses pendinginan selesai, pihaknya sudah menerima laporan kebakaran kedua di Desa Sukorejo.